Ciri Pemicu dan Cara Mengendalikan Mengecap Cemburu

Ciri Pemicu dan Cara Mengendalikan Mengecap Cemburu

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Cemburu bukan hanya terjadi dalam hubungan percintaan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Cemburu bukan cuma terjadi dalam hubungan percintaan. Kecemburuan juga bisa muncul dalam wujud persaingan antar saudara, membandingkan kesuksesan diri dengan kesuksesan orang lain, bahkan antar sahabat pun bisa saling cemburu.

Cemburu akan membuat kita minder dan marah. Sebenarnya rasa cemburu bisa saja jadi kausa hal positif. Misalnya, ketika kita melihat kesuksesan orang lain kita cemburu dan terpacu untuk membenarkan dan meningkatkan kualitas diri untuk kesuksesan. Kita harus mengontrol jiwa dan melihat kesalahan asumsi dan persepsi yang terjadi di muncul kita.

Jenny Marchal menuliskan di laman lifehack. org, kecemburuan bisa berlaku akibat kebutuhan atau keinginan zaman kecil yang tidak terpenuhi. Kecemburuan adalah perasaan negatif yang berawal dari rasa tidak aman, gamang, khawatir, dan cemas akan kehilangan sesuatu yang besar. Semua situasi itu bisa jadi akibat sejak peristiwa yang dialami di zaman kecil bersama orang tua atu pengasuh.

Manusia memang kontradiktif, maksudnya di satu sisi kita betul ingin mandiri dan percaya di diri sendiri. Di sisi lain, kita ingin diterima orang asing. Menurut teori kelekatan, kualitas piawai kedekatan ini mempengaruhi hubungan era dewasa. Jika kebutuhan kasih sayang dengan orang terdekat di masa kecil tidak terpenuhi, rasa tak aman dan kecemburuan bisa pegari.

Namun dalam sebuah hubungan rasa bingit bisa diartikan sebagai bentuk menghiraukan. Tidak jarang pasangan malah ngerasa tidak diperhatikan saat tidak dicemburui.

Maka, rasa cemburu sebenarnya tidak mampu dihilangkan tapi bisa diungkapkan dengan cara yang lebih baik. Tetap segala hal yang berlebihan mengarah berakibat buruk. Ketika rasa dengki datang dan bikin marah, bertambah baik bicarakan. Memendam perasaan malah akan membuat sakit hati. Bisa jadi hal yang dilihat tidak sesuai kejadian aslinya.

Setelah jujur dengan situasi kita harus menerima respon dari orang lain. Jika sungguh orang lain atau pasangan memafhumi perasaan cemburu itu, maka dia akan melakukan sesuatu agar kita merasa lebih aman. Jangan kurang kita sudah harus terbuka era mengungkapkan rasa cemburu san berfokus membuat hubungan saling percaya.

Rasa tak aman juga jadi penyebab istimewa kecemburuan. Yang bisa dilakukan ialah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Selain itu, kita harus kenali pola budi negatif yang sering hinggap di pikiran.

Semakin kita sadar akan contoh itu, kita mengontrol pikiran minus dan menggantinya dengan pikiran positif. Dan terakhir sadarlah kalau kita layak mendapatkan cinta dan mengindahkan.

Rekomendasi

Related Post